Etimologi

Definisi dan Arti kata Etimologi. Etimologi adalah ilmu yang mempelajari asal usul kata. Setiap kata mempunyai sejarah dan asal usul. Dengan mempelajari asal usul kata tersebut maka akan semakin mudah memahaminya. Karena penggunaan kata yang berbeda struktur katanya akan mempengaruhi arti, maksud, atau makna bagi orang yang mengucapkan kata tersebut  dan mereka yang mendengarnya. Maksud pembicara yang tidak sampai pada pendengar akan menyebabkan kesalahpahaman yang pastinya akan menjuruk ke pada timbulnya persengketaan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI], definisi etimologi adalah asal usul kata, penjelasan mengenai asal usul kata, atau ilmu yang berhubungan dengan asal usul kata. Etymologie yang berakar dari bahasa Yunani, étymos yang arti sebenarnya adalah sebuah kata dan lògos yang artinya adalah ilmu. Jika di gabung maka akan menjadi ilmu tentang kata.

Setiap kata mempunyai akar atau asal-usul. Menyusuri asal usul suatu kata merupakan ruang lingkup etymologi. Setiap kata di dunia ini saling mempengaruhi antara satu dan yang lain. Sehingga memunculkan kata asli dan kata serapan. Suatu bangsa yang berhubungan dengan bangsa lain, akan saling mempengaruhi baik dari segi budaya ataupun bahasa. Contoh sederhana etimologi bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang berasal dari rumpun melayu. Namun dalam perkembangannya, bahasa Indonesia banyak menerima pengaruh dari bahasa asing sehingga kosa katanya semakin lama semakin banyak. kata-kata serapan yang di masuk kedalam bahasa Indonesia sangat banyak dan tidak terhitung jumlahnya, yang jika di telusuri kembali akan merujuk pada kata-kata dari berbagai bahasa di dunia.

Contoh etimologi kata

  • kata petuah, jika di telusuri ulang berasal dari kata fatwa yang berasal dari bahasa arab
  • kata mesa dalam bahasa jawa ternyata berasal dari kata mahisa dalam bahasa India
  • dll.