Folikel

Definisi dan arti kata Folikel. Folikel adalah lubang kecil pada bagian tubuh yang berfungsi untuk menampung sesuatu sesuai dengan tempatnya. Setidaknya ada 2 kenis folikel di tubuh manusia, yaitu:

  • Folikel rambut
  • Folikel sebasea
  • Folikel indung telur.

Folikel rambut berfungsi sebagai kantung kecil tempat akar rambut berada. Folikel sebasea adalah folikel rambut yang berhubungan langsung dengan kelenjar sebasea, dan menjadi tempat penampungan sebum. Folikel sebasea yang meradang akan menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Folikel indung telur adalah struktur kantung berisi cairan yang terdapat dalam ovarium dimana merupakan tempat pertumbuhan sel-telur (oocyte). Folikel indung telur adalah tempat di mana telur berkembang dan kemudian dilepaskan selama ovulasi atau aspirasi. Setiap bulan, folikel dirangsang untuk melepaskan sel telur oleh hormon yang disebut FSH (follicle stimulating hormone), yang dibuat oleh kelenjar hipofisis. Telur yang di buai akan berkembang menjadi janin, sedangkan yang tidak di buai akan keluar bersama darah saat masa peluruhan (mentruasi).