Nasal Cavity - Rongga Hidung

Definisi dan Arti kata Nasal Cavity - Rongga Hidung.  Rongga hidung (nasal cavity) adalah ruang kosong di belakang hidung yang berada tepat di tengah-tengah wajah yang di lalui udara dan merupakan tempat pertemuan dari kedua lubang hidung. Rongga hidung terbagi menjadi 2 bagian yang dipisahkan oleh sebuah sirip vertikal yang di sebut septum nasal. Setiap nasal cavity mempunyai 4 buah dinding yaitu  dinding medial, lateral, inferior dan superior. Di samping rongga hidung terdapat 3 garis horizontal yang menyembul keluar yang di sebut konka hidung. Konka hidung berfungsi untukmenghangatkan udara dan mengirimnya menuju epitel penciuman. Dalam rongga hidung juga terdapat organ vomeronasal yang memiliki peran dalam deteksi feromon.

nasal cavityRongga hidung merupakan tempat pertemuan dari dua lubang hidung dan merupakan tempat penampungan langsung dari udara luar yang kotor. Disepanjang dinding rongga hidung terdapat silia atau bulu-bulu halus  dan selaput lendir. Fungsinya adalah untuk menyaring dan memerangkap kotoran yang terbawa oleh udara yang terisap. Kotoran tersebut dapat berupa debu ataupun kuman-kuman penyakit yang banyak terdapat di udara. Setidaknya ada 3 tahap penyaringan kotoran yang terjadi di rongga hidung, yaitu:

  • Penyaringan kotoran oleh bulu-bulu hidung
  • Penangkapan kotoran oleh mukus atau selaput lendir
  • Pembuangan kotoran yang tertangkap oleh selaput lendir ke arah faring untuk di telan atau di keluarkan melalui mulut.

Penyaringan yang di lakukan di rongga hidung, bukan untuk menyaring jenis gasnya, tetapi kotoran yang terbawa oleh udara tersebut yang biasanya berupa partikel-partikel kecil seperti debu dan kuman-kuman penyakit. Untuk mendeteksi jenis gas, hidung di lengkapi dengan indra pencium, sehingga dapat mendeteksi dan mengenal bau yang di hantarkan oleh udara dan bersiaga.