Vaksin

Definisi dan arti kata Vaksin. Vaksin adalah senyawa antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif dan meningkatkan imunitas tubuh terhadap suatu penyakit. Proses penyuntikan vaksin kedalam tubuh di sebut vaksinasi. Vaksin ditemukan oleh Edward Jenner pada tahun 1796.  Vaksin terbuat dari virus yag telah dimatikan atau dilemahkan dengan menggunakan bahan-bahan tambahan lainnya seperti formalaldehid, thymerosal dan lainnya. Vaksin dapat juga berupa organisme mati atau hasil-hasil pemurniannya seperti dalam bentuk protein, peptida, partikel serupa virus, dsb. Vaksin yang paling terkenal adalah vaksin cacar, polio, dll. Saat ini telah tersedia sekitar 23 jenis vaksin, dan masih banyak vaksin baru lain yang sedang dalam proses penelitian dan pengembangan, seperti misalnya vaksin HIV AIDs, vaksin demam berdarah dengue, vaksin malaria, vaksin TBC baru.

Jenis-jenis vaksin

Jenis-jenis vaksin di bedakan kedalam beberapa macam kategori, diantaranya:

1. Vaksin berdasarkan tujuannya, contohnya: vaksin wisata, vaksin wanita hamil, dll
2. Vaksin berdasarkan proses pembuatanya terbagi 2, yaitu vaksin hidup dan vaksin mati.
3. Vaksin berdasarkan subjek yang di vaksinasi misalnya vaksin balita dan anak-anak, vaksin orang dewasa dan vaksin untuk para manula.
4. Vaksin berdasarkan jenis antigennya, terbagi 2, yaitu vaksin virus dan vaksin bakteri
5. Vaksin masa depan, yaitu vaksin yang saat ini masih dalam tahap penelitian, percobaan dan pengembangan seperti vaksin HIV, vaksin malaria, vaksin demam berdarah, dll.