Hipotesis

Definisi dan Arti Kata Hipotesis. Hipotesis adalah jawaban sementara yang masih bersifat teoritis dan masih perlu diuji kebenarannya secara empiris melalui data yang diperoleh di lapangan. Menurut Kamus Q – Life Dictionary, hipotesis adalah dugaan sementara yang akan mengacu pada prediksi. Hipotesis merupakan rangkuman dari kesimpulan-kesimpulan teoritis yang diperoleh dari penelaahan kepustakaan dan dianggap sebagai jawaban yang paling mungkin dan paling tinggi kebenarannya.

Macam-macam Hipotesis

Hipotesis ada dua macam, yaitu:

1. Hipotesis alternatif, yaitu dugaan yang menyatakan ada pengaruh, hubungan, atau ada perbedaan antara variabel yang diteliti.
2. Hipotesis nol, yaitu dugaan yang menyatakan tidak ada pengaruh, tidak ada hubungan, atau tidak ada perbedaan antara variabel yang diteliti.

Pemilihan hipotesis yang akan di gunakan tergantung dari landasan teoritisnya.  Jika landasan teori mengarahkan adanya hubungan antara dugaan dan kesimpulan, maka hipotesis yang di gunakanadalah hipotesis alternatif. Tapi jika tidak ada hubungan antara dugaan dan keismpulan maka di gunakan hipotesis nol.