Kartilago

Definisi dan Arti kata Kartilago. Kartilago adalah tulang rawan yang terbentuk dari jaringan ikat padat, elastis dan kenyal  yang menjadi bantalan di ujung tulang pada sendi  yang memungkinkan sendi dapat bergerak dengan bebas dan menghindarkan gesekan yang dapat menimbulkan rasa sakit.  Contoh struktur dalam tubuh manusia yang terdiri dari tulang rawan termasuk bagian dari gendang telinga, hidung dan tulang rusuk.

Sel kartilago terdiri dari kondrosit dan kondroblasl. Serat dan substansi dasar membentuk substansi interselular atau matriks. Matriks merupakan suatu wujud kaku bahkan keras, yang substansi dasarnya terdiri atas proteoglikans yang mengandung kondroitin sulfat untuk kartilago. Kartilago dicirikan oleh suatu matriks ekstraseluler yang kaya akan glikosaminoglikan dan proteoglikan.

Penyusun kartilago antara lain adalah:

  • Kondroblas - fibroblas, keduanya adalah ‘sel bakal’ yang berbentuk oval terletak di pinggir dari kartilago. Kondroblas adalah bakal sel kartilago.
  • Kondrosit mempunyai inti yang khas berbentuk bundar dengan sebuah nucleus atau dua buah nucleoli. Kondrosit terletak di dalam lacuna ( celah ) berbentuk bulat. Ia disebut juga sel kartilago ( yang kalau berkelompok disebut sel isogen ). Letak chondrocyt di dalam jaringan tulang rawan lebih ke dalam daripada letak chondroblast.
  • Substansi interseluler terdiri dari komponen fibriler dan substansi dasar, matriks amorf “gel”.
  • Perikondrium merupakan jaringan pengikat yang membungkus kartilago, terdiri dari sel fibrosit yang gepeng dan diantaranya terdapat serat kolagen.

Berdasarkan jumlah matriks amorf dan jumlah serabut kolagennya, Kartilago di bedakan menjadi menjadi 3, yaitu:

  1. Kartilago hyalin
  2. Kartilago elastis
  3. Kartilago fibrosa