Virus

Definisi dan arti kata Virus. Virus adalah organisme mikroskopik yang hanya dapat hidup dan berkembang dalam sel makhluk hidup lain.  Hal ini disebabkan karena virus tidak memiliki perlengkapan seluler untuk melakukan reproduksi sendiri. Karena itu virus sering dianggap sebagai organisme peralihan antara benda mati dan makhluk hidup. Dalam kondisi bebas, virus tidak dapat menjalankan fungsi biologisnya, karena itu dianggap benda mati. Sedangkan dalam tubuh makhluk hidup lain, virus mulai bereplikasi dengan memanfaatkan sel inang sehingga bersifat seperti makhluk hidup.

Kata Virus berasal dari bahasa latin, VIRION yang artinya racun. Organisme ini di temukan pada abad ke 19. Jenis virus yang pertama di kenal adalah TMV (Tobacco mozaik Virus ) yang menyerang tanaman tembakau. Virus ini di temukan oleh W.M. Stanley. Ciri utama virus yang membuatnya berbeda dengan organisme lain adalah kemampuannya mengkristalkan diri dalam kondisi bebas, dan bereplikasi secara eksponensial begitu menginfeksi sel organisme lain.

Semua virus bersifat parasit obligat yang merugikan inangnya. Dalam menginfeksi sel, virus mempunyai mekanisme khusus yang di sebut mekanisme kunci dan gembok. Di mana hanya sel yang memiliki protein yang sama dengan yang di miliki virus saja yang dapat di infeksi oleh virus tersebut. Karakteristik ini menyebabkan virus mempunyai ciri yang khas sehingga dapat di bedakan antara jenis virus yang satu dengan virus yang lain. Virus adalah sumber penyakit dan merupakan salah satu organisme yang paling merugikan bagi organisme lain. Virus mempunyai sistem kekebalan tubuh yang sangat baik sehingga mudah beradaptasi dengan kondisi apapun dan sangat susah di obati. Itu sebabnya setiap penyakit yang di sebabkan oleh virus tidak mudah untuk disembuhkan kecuali virus influenza biasa yang dapat sembuh dengan sendirinya.

Contoh Penyakit yang disebabkan oleh virus:

  • Influenza
  • HIV/Aids
  • Cacar , dll. .