Canonical (Komputer)

Definisi dan arti kata canonical. Canonical adalah sebuah kata dari bahasa inggris yang artinya menurut undang-undang. Kata ini merupakan kata sifat dari kata dasar canon yang artinya undang-undang, aturan, standar, pola dasar, dll. Istilah canonical sendiri banyak di gunakan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, baik fisika, matematika, agama, dll. Tetapi yang paling populer adalah penggunaan istilah canonical dalam ilmu komputer.
Dalam komputer ada banyak istilah yang menggunakan kata canonical, seperti misalnya:
  • Elemen link Canonical yaitu  sebuah elemen HTML yang membantu webmaster mencegah masalah duplikat konten dengan menetapkan " kanonik " atau " disukai " versi  Canonical Ltd , sebuah perusahaan perangkat lunak Inggris yang mengembangkan , pasar dan layanan dukungan yang terkait untuk Ubuntu dan proyek terkait .
  • Model Canonical yaitu pola desain yang digunakan untuk berkomunikasi antara format data yang berbeda.
  • Record Canonical name ( CNAME ) yaitu jenis catatan Domain Name System.
  • Canonical S - ekspresi  adalah bentuk pengkodean biner dari subset umum S - ekspresi.
  • XML Canonical adalah  bentuk normal dari XML , dimaksudkan untuk memungkinkan perbandingan relatif sederhana pasang dokumen XML.
  • Alamat MAC , identifier unik yang diberikan untuk antarmuka jaringan pada komunikasi pada segmen jaringan fisik.
Dan yang paling populer diantara para blogger penggunaan istilah Rel canonical tag, yaitu sebuah elemen HTML yang membantu mencagah minculnya duplikat konten dalam sebuah situs. Pemasangan elemen rel canonical dalam sebuah template/theme sebuah situs merupakan salah satu trik SEO yang berfungsi untuk mencegah terjadinya halaman canonical. Halaman canonical terbentuk ketika search enggine mengindeks sebuah page dari berbagai sudut yang berbeda dari konten yang sama. Sehingga menghasilkan duplikat konten. Banyaknya duplikat konten dalam sebuah blog atau situs dapat menyebabkan blog tersebut dianggap blog spam.