AD atau Anno Donimo

Definisi dan arti kata AD atau Anno Domino. AD atau Anno Domino adalah istilah yang digunakan untuk menyebut  tanggal, bulan atau tahun setelah kelahiran Kristus (Yesus dari Nazareth). Ad atau anno domino dalam bahasa indonesia diartikan sebagai setelah masehi.  Ad atau anno domino biasanya ditulis dalam hurup kapital dan di letakan sebelum angka tahun. Contohnya AD 50, yang artinya 50 tahun setelah kelahiran Yesus Kristus.

Ada dua perbedaan pendapat tentang kapan AD atau anno domino di mulai. Mereka yang mengartikan AD sebagai setelah kelahiran Yesus, maka akan menghitung berdasarkan sejak yesus di lahirkan, yaitu tahun 1 masehi. Tapi mereka yang mengartikan AD (after death) sebagai setelah kematian Yesus Kristus, maka akan mengurangi tahun masehi dengan usia Yesus saat hidup di dunia ini yaitu 33 tahun, sehingga AD yang ini akan di hitung sejak  tahun 33 M. Karena kesepakatan ilmuwan mengatakan bahwa khusus untung menghitung tahun tidak ada tahun 0 maka tahun AD 1 akan sama dengan 1BC.

Dalam hal penulisan AD, juga ada 2 pendapat. Ada yang meletakan AD sebelum bilangan tahun seperti contoh diatas. Ada pula yang meletakannya di belakang bilangan tahun seperti contoh berikut ini 212 AD. Tidak perduli AD di letakan di depan atau di belakang angka tahun, cara membacanya tetap sama yaitu ‘sekian tahun setelah masehi’.